Posted by : HD Technology Studio Minggu, 26 Februari 2017

             Variabel merupakan suatu tempat untuk menampung data atau konstanta di memori yang mempunyai nilai atau data yang dapat berubah – ubah selama proses program. Kita wajib mendeklarasikan variabel sebelum digunakan.

Aturan penamaan variabel :
  • Tidak boleh menggunakan spasi, sebaiknya menggunakan underscore( _ ) sebagai pengganti spassi.
  • Nama variabel tidak boleh berupa angka, diawali dengan angka atau karakter numerik.
  • Nama variabel harus diawali dengan huruf.
  • Tidak boleh mengandung karakter simbol, kecuali tanda $.
  • Nama variiabel tidak boleh menggunakan kata kunci yang sudah didefinisikan di dalam java misalnya : while, break.
  • Dalam suatu blok program, nama variabel harus berbeda satu sama lain.
  • Usahakan nama variabel dapat lebih mudah dipahami orang lain.
             Sintaks pendeklarasian variabel :
Tipe_data namavariabel;
             Contoh :
int hasil;
int nilai=10;
             Dalam pemrograman java terdapat tiga jenis variabel, yaitu variabel Lokal, variabel Class dan variabel Instance.


  • Variabel Lokal
             Merupakan variabel yang dideklarasikan didalam badan method, konstruktor atau blok dan dibuat saat method, konstruktor atau blok dijalankan, kemudian akan dihapus saat selesai dijalankan. Kita hanya dapat menggunakan variabel tersebut didalam method, konstruktor atau blok tempat pendeklarasian. Variabel lokal harus dideklarasikan dan diinisialisasikan sebelum digunakan. Variabel lokal dapat diakses dengan memanggil nama kelas yaitu NamaKelas.NamaVariabel.
           Contoh pendeklarasian variabel lokal di dalam method main :

public class ContohvariabelLokal {
    //membuat variabel lokal dengan nama umursaya()
    public void umursaya(){
    int umur=20; //inisialisasi variabel umur
       System.out.println("Umur saya :"+umur);
}
    //method main
    public static void main(String[] args) {
       ContohvariabelLokal cnth1 = new ContohvariabelLokal();
      //memanggil variabel
cnth1.umursaya();
    }
}

  • Variabel Class / Static
             Variabel class bisa juga disebut variabel static dideklarasikan dengan kata kunci static didalam class, tetapi diluar method, konstruktor, atau blok. Hanya ada satu salinan dari variabel kelas per kelas. Variabel static biasanya dideklarasikan sebagai konstanta. Variabel static biasanya di deklarasikan sebagai public, karena biasanya digunakan oleh semua kelas. Variabel static memiliki nilai default yang sama dengan varibael instance. Variabel static akan di load ketika sebuah program di jalankan, dan berhenti ketika program di hentikan. Saat mendeklarasikan variabel kelas dengan public static final, maka nama variabel (konstanta) dituliskan semua dalam huruf kapital. Jika variabel static tidak dideklarasikan dengan public  final, sintaks pertamanya sama dengan variabel instance dan lokal.
Berikut contoh penggunaan variabel class :

public class ContohVariabelClass {
    //variabel Nim adalah private static
    private static double Nim;
    //NAMA_MAHASISWA merupakan Konstanta
    public static final String  NAMA_MAHASISWA= "Slamet Suyatno";
    public static void main(String[] args) {
        Nim = 201789;
        System.out.println("Nim : "+Nim +" Nama : "+NAMA_MAHASISWA);
    }
}

  • Variabel Instance
             Pendeklarasian Variabel instance dideklarasikan didalam kelas, tetapi di luar method, konstruktor, atau blok. Saat sebuah objek dibuat, tempat untuk setiap variabel instance disiapkan dalam memori. Variabel instance dibuat saat sebuat objek dibuat dengan kata kunci ‘new’ dan dihapus saat objek tersebut dihapus. Variabel instance dapat dideklarasikan dalam kelas sebelum atau sesudah penggunaan. Variabel Instance mempunyai modifier akses. Modifier akses dapat digunakan oleh semua method, konstruktor, dan blok di dalam kelas. Variabel instance memiliki nilai default yaitu untuk variabel bertipe numerik mempunyai nilai default 0, untuk variabel bertipe boolean memiliki nilai default false, dan untuk variabel referensi objek mempunyai nilai default null. Variabel instance dapat diakses oleh semua method, konstruktor, maupun blok yang terdapat dalam kelas tersebut.

Berikut merupakan contoh penggunaan Variabel Instance :

public class ContohVariabelInstance {
   //variabel instance dapat digunakan oleh semua subkelas
    public String Nama;
    private double ipk;
    public ContohVariabelInstance(String namaMhs){
        this.Nama=namaMhs;
    }
    public void setIpk(double ipkMhs){
        this.ipk=ipkMhs;
    }
    public void cetakMhs(){
        System.out.println("Nama :"+Nama);
        System.out.println("Ipk :"+ipk);
    }
    public static void main(String[] args) {
         ContohVariabelInstance hanacaraka=new ContohVariabelInstance("Slamet");
         hanacaraka.setIpk(2.80);
         hanacaraka.cetakMhs();
    }
}

Mendeklarasikan Dua Variabel atau Lebih dalam Satu Statement

             Kita dapat mendeklarasikan dua atau lebih (dengan tipe yang sama) dalam satu statement, dengan memisahkan nama variabel dengan koma.
Contoh :
int a, b, c;

             Statement di atas tersebut akan mendeklarasikan tiga variable dengan tipe integer, dengan nama a, b, dan c. Tetapi cara pendeklarasian variabel seperti di atas akan sedikit sulit dibaca oleh orang lain yang membaca program kita. Jadi lebih baik jika kita tidak mendeklarasikan dua atau lebih variabel dalam satu statement agar program kita lebih mudah dibaca dan dikelola.

Inisialisasi Variabel

             Setelah variabel dideklarasikan, maka perlu dilakukan pemberian sebuah nilai. Pemberian nilai pada sebuah variabel disebut dengan inisialisasi. Proses inisialisasi variabel ini dilakukan dengan menggunakan tanda sama dengan (=).
Bentuk umum dari inisialisasi variabel :
Tipe_data variabel;
Variabel = nilai;
Atau
Tipe_data variabel;
Variabel = ekspresi;
             Contoh :
int a;
a = 200;
Atau
int hasil;
hasil = 10 * 6;
             Pada contoh diatas a diinisialisasi dengan nilai 200 dan variabel hasil diinisialisasi dengan nilai 10 * 6, kedua variabel tersebut bertipe integer. Selain itu, kita juga bisa melakukan deklarasi sekaligus inisialisasi dalam satu statement, bentuk umumnya seperti ini:
Tipe_data variabel = nilai;
Atau
Tipe_data variabel = ekspresi;
Bisa juga
Tipe_data variabelA = nilai1, variabelB = nilai2;
Atau
Tipe_data variabelA = nilai, variabelB = ekspresi;
             Contoh :
int a = 5, b = 10;
Atau
int a = 5, b = 10 * 2;
Konstanta

             Konstanta berbeda dengan variabel. Konstanta merupakan identifier yang berisi data yang sudah ditentukan dan pasti, tidak dapat dirubah (permanent) di dalam sebuah program.
Dalam mendeklarasikan sebuah konstanta, diperlukan kata kunci final sebelum tipe data dan nama konstanta.
             Berikut ini adalah sintak pendeklarasian dan pemberian nilai pada konstanta:

final tipe_data NAMAKONSTANTA = nilai;

             final merupakan kata kunci Java yang berarti bahwa nilai sebuah konstanta tidak dapat berubah. Secara kaidah penamaan, nama konstanta ditulis dengan menggunakan huruf besar semua.
             Contoh :
final String  NAMA_MAHASISWA= "Slamet Suyatno";

             Jika dituliskan pada sebuah program maka harus diawali dengan public static, sehingga menjadi :
public static final String  NAMA_MAHASISWA= "Slamet Suyatno";

             Berikut ini adalah contoh program untuk menghitung luas lingkaran yang mempunyai jari-jari 14. Program akan menampilkan nilai jari-jari dan luas lingkaran.

public class LuasLingkaran {
    public static void main(String[] args) {
        final double PI = 3.14159;
        int jari=14;
        double luas;
        luas = PI*jari*jari;
        System.out.println("Luas : "+luas);
    }  
}

Cakupan Variabel (Variabel Scope)

             Cakupan dari suatu variabel merupakan area dimana variabel semestinya berada, hal tersebut ditentukan oleh area dimana variabel tersebut dideklarasikan. Dalam istilah sederhananya, setiap variabel ada di dalam blok dimana variabel dideklarasikan termasuk blok-blok yang dideklarasikan di dalam blok tersebut.

{ // awal blok ke-1
// mendeklarasikan variabel di blok ke- 1
int variabelDiBlokKe-1 = 2480;
{// awal blok ke-2
// variabel di blok ke-1 dapat diakses diblok ke-2
System.out.print(variabelDiBlokKe-1);
{ // awal blok ke-3
// variabel di blok ke-1 dapat diakses diblok ke-3
System.out.print(variabelDiBlokKe-1);
// mendeklarasikan variabel di blok 3
int variabelDiBlokKe-3 = 2483;
} // akhir blok ke-3
} // akhir blok ke-2
} // akhir blok ke-1

             Bisa di lihat pada potongan program di atas, variabel yang dideklarasikan diblok ke-1 dapat diakses oleh blok ke-2 dan ke-3, itu karena blok ke-2 dan ke-3 berada dalam di dalam blok ke-1. Tetapi berbeda dengan variabel yang dideklarasikan di dalam blok ke-3 tidak akan bisa diakses dari luar blok 3.

             Paramater atau yang juga disebut argumen adalah variabel yang digunakan pada saat suatu metode atau prosedur dipanggil. Parameter ini digunakan untuk memberikan satu nilai awal untuk dilewatkan atau “disampaikan” ke dalam suatu prosedur atau metode yang dipanggilnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Translate

Popular Post

Flag Counter

- Copyright © HD Technology Studio -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -